Rabu, 20 Maret 2013

Mengurus NPWP

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengurusan npwp. Seperti kita ketahui bahwa npwp sangat berguna pada saat ini, Anda akan mendapatkan kemudahan - kemudahan tertentu jika anda sudah memiliki npwp, misalnya saja untuk pengurusan kredit rumah anda diwajibkan memiliki npwp sebagai salah satu persyaratannya. Nah kalo saya ini saya pergunakan sebagai persyaratan kerja, karena di tempat kerja saya yang baru mengharuskan karyawan baru memiliki npwp.

Saat itu hari jumat saya di panggil ke kantor tempat kerja baru saya, dan saya diberi tahu bahwa sebagai karyawan di perusahaan tersebut harus memiliki npwp. Dan paling lambat hari Rabu ( 5 hari setelah itu ) harus sudah dikumpulkan fotokopi npwp nya. Saya bekerja di Surabaya dan alamat sesuai identitas saya adalah di Nganjuk, Jawa Timur. Kemudian saya mencari informasi di internet apakah bisa saya mengurus npwp di Surabaya sedangkan identitas saya luar Surabaya. Ternyata setelah membuka website resmi pajak saya mendapatkan bahwa kita bisa mengurus npwp secara online di mana saja dengan mengisi form registrasi yang ada di website resmi pajak. Tetapi yang jadi kendala saya adalah npwp yang kita urus secara online tidak bisa langsung jadi 1 hari, kita harus nge-print dan melaporkannya ke kantor pajak setempat dan akan di teruskan ke kantor pajak yang sesuai indentitas. 
Akhirnya saya mencoba untuk menelpon kantor pajak ( KP2KP ) yang ada di Nganjuk, saya tanyakan berapa hari waktu untuk mengurus npwp dan kata petugasnya 2 minggu baru jadi. Waduh kok lama banget pikir saya. Lalu saya tanyakan " klo 1 hari gak bisa selesai ya mbak ?".. lalu dijawab " bisa pak, tapi di Kediri ". Ternyata setelah saya saya cek di website pajak memang pengurusan pajak untuk wilayah Nganjuk masuk dalam KPP Pratama Pare, Kediri. Okelah klo begitu saya memutuskan hari Senin untuk mengurus npwp di kediri.

Senin pagi saya berangkat dengan berbekal alamat kantor pajak yang sudah saya kantongi. Dan tidak tertalu sulit bagi saya untuk menemukannya. Setelah sampai saya masuk dan memarkir sepeda motor saya. Disana ada Pak Satpam yang mengatur tempat parkir kemudian saya bertanya " KTP Nganjuk bisa pak ngurus npwp di sini ?" dijawab sama Pak Satpam " Bisa mas masuk saja, bawa fotokpi KTP 1 lembar ya."..Kemudian saya masuk dan ada satpam lagi di sebelah pintu dan saya pun bertanya " Pak mau mengurus npwp gimana ?.. kemudian langsung di sodori form dan bertanya " fotokopi KTP sudah bawa mas ?"saya bilang " sudah pak "..
Lalu saya isi form nya dan tidak ada kesulitan dalam pengisiannya karena cuma data diri kita saja yang di isi. Kemudian saya mengantri dan saat itu sudah menujukkan jam 11 siang. Setelah menunggu sekitar 1/2 jam tibalah giliran saya. Saya berikan form yang telah saya isi dan 1 lembar fotokopi ktp yang sudah di staples sama pak satpam. Kemudian di input sama petugasnya dan tidak sampai 5 menit sudah keluar print out nya, dan saya dikasih 1 lembar dari hasil print tadi, lalu petugasnya bilang " kartu nya diambil sekitar jam 3 ya pak ." Saat itu masih jam 1/2 12 akhirnya daripada saya nunggu 3 jam di sana mending saya pulang ke rumah dulu aja yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan. Sambil istirahat di rumah dan makan siang tak terasa waktu sudah jam 2, akhirnya saya bergegas menuju kantor pajak lagi, setelah sampai di sana saya ambil nomor antrian dan kurang lebih 15 menit baru tiba giliran saya. Alhamdulillah sudah jadi kartu npwp saya.. Dengan hati yang senang saya pun pulang dengan kartu npwp yang sudah siap digunakan seperlunya. 
Mungkin ada pengalaman lain agan-agan tentang pengurusan npwp, silakan di share..  



3 komentar:

  1. alamat e dimana maz.. ? Boleh bagi alamat'x yg daerah nganjuk sama kediri.?

    BalasHapus
  2. lah masa ane bikin npwp hampir 1bulan ga jadi"

    BalasHapus
  3. Mau nanya itu kena bayar berapa /bulan nya lur, juga yang tidak kena bayar itu minim penghasilan berapa ya lur matur suwun

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda