Kamis, 21 Maret 2013

Memperbaiki Keyboard Laptop / keyboard laptop tidak berfungsi


Pernahkah Anda mempunyai masalah dengan keyboard pada laptop / notebook Anda ? Misalnya ada salah satu tombol yang tidak berfungsi atau bahkan menekan - nekan sendiri yang mengakibatkan ada bunyi " tiiitt " saat booting windows.  Tentu hal ini sangat menjengkelkan apabila Anda sedang mengerjakan tugas kantor maupun tugas kuliah atau sekolah. Jika Anda menemui keyboard laptop Anda bermasalah jangan terburu - buru membawanya ke tempat servis, Andapun bisa mengatasinya sendiri dengan mengikuti langkah - langkah berikut ini.

1. Cabut batery laptop terbih dahulu, kemudian tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 3 detik untuk memastikan tidak tegangan listrik lagi pada laptop. Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting pada saat proses perbaikan nanti.

2. Buka tutup tombol keyboard yang bermasalah, caranya sebagai berikut :

  • Ungkit dengan tangan bagian bawah tombol seperti terlihat pada gambar
  • Angkat perlahan - lahan sambil diungkit ke kanan dan ke kiri 
  •  Setelah tutup tombol terbuka Anda akan melihat pengait di bawahnya, biasanya berwarna hitam atau putih. Ungkit pelan - pelan pengait tersebut, kemudian semprotkan cairan pembersih khusus ( jika ada, jangan menggunakan air jika tidak ada, bisa dengan cairan alkohol yang di usap dengan sikat atau kuas ).
  • Bersihkan dengan kuas kecil atau sikat gigi, lalu tekan - tekan karet tombol yang berada di tengah pengait tapi jangan ditarik karena bisa lepas.
3. Setelah yakin cairannya sudah kering coba Anda nyalakan laptop Anda, sambil mengecek apakah fungsi tombolnya sudah normal. Jika belum lakukan langkah di atas sampai maksimal 2 kali lagi. Namun jika sudah berfungsi dengan baik silakan Anda tutupkan tombolnya seperti semula. Cara lebih mudah, tinggal Anda letakkan tombol sesuai posisi lalu tekan hingga bunyi klik, yang menandakan sudah terpasang dengan sempurna.

Cara di atas adalah untuk kerusakan 1 -  2 tombol saja, namun jika keyboard laptop tidak berfungsi semua maka anda bisa mencoba membuka keyboard anda, lepaskan kabel laptop yang tersambung pada motherboard, bersihkan slotnya dan cobalah pasang kembali.

Selamat mencoba ......Semoga berhasil..


3 komentar:

Terima kasih atas komentar Anda